Selasa, 06 Mei 2014

Kecamatan Petak Malai Kabupaten Katingan-Kalimantan Tengah

Petak Malai adalah salah satu kecamatan paling utara di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Indonesia. Petak Malai merupakan hasil pemekaran dari kecamatan Sanaman Mantikei. Kecamatan ini terdiri dari 7 desa yaitu Tumbang Baraoi (Ibu kota kecamatan), Batu Tukan, Tumbang Tangoi, Tumbang Jala, Batu Badak, Nusa Kutau dan Tumbang Habangoi.
Informasi kecamatan Petak Malai
Peta Kabupaten Katingan

Berdasarkan data akhir tahun 2012 Badan Pusat Statistik Kabupaten Katingan, kecamatan ini dihuni oleh kurang lebih 3.861jiwa. Satu-satunya SMA terletak di Ibu Kota Kecamatan yaitu SMA N 1 Petak Malai di Tumbang Baraoi. Sementara SLTP ada 3 unit yang masing-masing terletak di Tumbang Baraoi, Tumbang Jala dan Tumbang Habangoi. Untuk jenjang sekolah dasar (SD) terdapat 8 unit yaitu 2 di Tumbang Baraoi dan masing-masing 1 unit di setiap desa lainnya.
Hasil seni kesenian dayak
Seni dan Budaya Dayak

Untuk Sarana Kesehatan, Kecamatan Petak Malai memiliki 1 Puskesmas, 4 Pustu dan 4 Posyandu. Sedangkan untuk tempat ibadah, terdapat 2 mesjid (Batu Badak dan Nusa Kutau), 4 Greja (2 di Tumbang Baraoi), sisanya masing-masing 1 di Batu Tukan, Tumbang Tangoi, dan Tumbang Jala. Bangunan sarana ibadah lainya yaitu pura/balai Kaharingan berjumlah 4 yakni terdapat di Desa Tumbang Baraoi, Nusa Kutau, Batu Tukan, dan Tumbang Jala.  
Letak puskesmas di petak malai
Puskesmas Tumbang Baraoi, Kecamatan Petak Malai

Mayoritas agama penduduk Petak Malai adalah Kaharingan, kecuali untuk desa Batu Badak yang mayoritas Islam. Bagi yang muslim, mesjid terdekat dengan ibu kota kecamatan adalah di Desa Batu Badak, jaraknya kurang lebih 13 km dan ditempuh menggunakan jalur transportasi sungai.

Di bidang olahraga meski berstatus kecamatan baru, untuk lapangan bermain/lapangan olah raga sudah tersebar cukup merata di hampir setiap desa, dengan 6 lapangan sepak bola, 7 lapangan bola voli, 2 lapangan bulu tangkis, dan 5 lapangan tenis meja.

Aksesibilitas Kecamatan dari Kasongan, Ibukota Kabupaten Katingan dapat di tempuh melalui jalur darat ataupun transportasi air. Jarak Kasongan (Ibu kota Kabupaten Katingan) - Tumbang Baraoi (Ibu kota kecamatan Petak Malai ) kurang lebih 183 km atau 267 km dari Palangkaraya (Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah). Karena tidak ada taksi, maka untuk jalur transportasi air umumnya hanya untuk pengguna alat transportasi pribadi atau carter. Sedangkan untuk jalur darat, akses menuju Kabupaten Katingan menggunakan jalan milik perusahaan. Jalan ini relatif bersahabat pada musim kemarau dan menjadi sangat licin dan berbahaya pada musim hujan. Karena kondisi jalan yang ekstrim serta banyaknya aktifitas angkutan perusahaan, pengendara dengan kendaraan pribadi sangat tidak dianjurkan melintasi jalan ini sebelum mengenal "medan". Sebagai alternatif ada travel/taksi khusus (mobil dobel cabin) yang relatif sudah berpengalaman yang siap mengantarkan anda ke tujuan guna penjajakan dan mengenali medan. 

Biaya transportasi bervariasi, tergantung dari mana anda berangkat. Untuk yang start dari Kasongan setidaknya menggunakan dua kali jasa taksi/travel dengan perkiraan biaya sekitar 80-100 ribu sampai ke Tumbang Samba, barulah selanjutnya berganti taksi/travel ke Tumbang Baraoi dengan taksiran biaya sekitar 130-180ribu/orang.

Sebagai kecamatan baru tentu banyak hal yang masih harus dibenahi khususnya infrastruktur guna menunjang dan mendukung kegiatan sosial ekonomi masyarakat sehingga diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup warga Petak Malai. Jalan adalah salah satunya, selain untuk kelancaran mobilitas jalan yang memadai juga mempermudahkan masyarakat mengangkut dan menjual hasil kebun dan komoditi lainnya keluar daerah sehingga mendapatkan harga yang lebih layak.

Sumber : BPS Kab. Katingan

4 komentar:

Halo pak...

Saya mau tanya, untuk angkutan travel dari desa tumbang habangoi ke palangkaraya apakah ada??

Mohon informasinya ya, boleh email saya di surbakti.neva78@gmail.com




Terima kasih

Masih belum ada rute langsung Palangka-Habangoi
Biasanya untuk bisa sampai kesana dari palangka ambil jurusan Tumbang Samba, kemudian carter atau menunggu mobil angkutan yang kebetulan ke Tumbang Habangoi

selamat pagi..
mau minta info tarif carter dari palangka-habangoi,
atau tarif carter dari tumbang samba-tumbang habangoi.
kalau mobil angkutan yang reguler ke Tumbang Habangoi apkh setiap hari ada dari tumang samba?
terimakasih infonya...

Saat ini walaupun tidak setiap hari, sudah bisa berangkat dari Palangkaraya langsung ke Habangoi, namun admin sendiri belum mendapatkan nomor kontak sopir pemilik mobilnya. Karena belum ada angkutan umum, transportasi kesana biasanya adalah mobil pribadi yang di fungsikan untuk taksi. Untuk carter dari Samba - Habangoi perkiraan sekitar 1 jutaan tergantung dari nego.

Posting Komentar

Kritik, Saran dan Pertanyaan Silahkan Kirimkan Melalui Komentar. Akan Tampil Setelah di Setujui !